Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

17 Alat Mekanik Untuk Insinyur Mesin





Insinyur mekanik menggunakan berbagai alat genggam dan digital untuk membantu mereka menyelesaikan tugas mereka di tempat kerja. Mempelajari alat yang digunakan insinyur mesin dapat membantu Anda mempersiapkan diri untuk berkarir di bidang teknik. Pada artikel ini, kami mencantumkan tugas insinyur mesin, memberikan tip untuk bekerja sebagai insinyur mesin dan menjelaskan alat-alat insinyur mesin.

Terkait: Apa itu Teknik Mesin?

Apa yang dilakukan seorang insinyur mesin?

Insinyur mekanik merancang mesin yang digunakan untuk menciptakan energi dan meningkatkan efisiensi, seperti generator dan elevator. Berikut adalah beberapa tugas insinyur mesin:

  • Merancang mesin: Insinyur mekanik dapat merancang mesin di atas kertas atau dengan bantuan perangkat lunak komputer.

  • Bangunan: Seorang insinyur mesin juga dapat membuat mesin yang mereka rancang atau bekerja sebagai bagian dari tim untuk membuat mesin besar.

  • T** esting:** Setelah sebuah mesin dibuat, seorang insinyur mesin dapat mengujinya untuk memastikan mesin tersebut bekerja di berbagai lingkungan dan situasi.

  • Menilai mesin: Insinyur mekanik dapat memeriksa mesin dan mengembangkan solusi untuk masalah yang muncul dengan penggunaan yang berkelanjutan.

  • Merawat mesin: Seorang insinyur mesin juga dapat secara teratur merawat mesin untuk memastikan mereka bekerja dengan baik.

Kiat untuk bekerja sebagai insinyur mesin

Berikut adalah beberapa tip karir untuk insinyur mesin:

  • Terus belajar. Kemajuan teknologi dan rekayasa berarti selalu ada keterampilan atau teori baru untuk dipelajari. Tetap mengetahui perkembangan baru dalam industri ini dapat membantu Anda tetap kompetitif dalam wawancara kerja.

  • Kembangkan keterampilan kerja tim. Insinyur mekanik sering bekerja dalam tim untuk menyelesaikan proyek yang lebih besar, sehingga mengembangkan keterampilan kolaborasi dapat membantu Anda berhasil dalam bidang teknik.

  • Jaringan. Jaringan tidak hanya dapat menghubungkan Anda dengan peluang kerja dan mentor baru, tetapi juga dapat memaparkan Anda pada ide dan spesialisasi baru di bidang teknik.

  • Meneliti disiplin ilmu baru. Teknik bersinggungan dengan banyak karir lainnya. Insinyur mesin dapat belajar tentang disiplin baru untuk membantu mereka memecahkan masalah dengan berpikir secara berbeda. Meneliti disiplin ilmu baru seperti teknologi dapat membantu Anda memecahkan masalah di tempat kerja.

  • Ketahui dan ikuti aturan. Tip ini berlaku untuk aturan tempat kerja dan praktik terbaik untuk teknik. Mengetahui aturan dapat memungkinkan Anda untuk lebih inovatif dalam karir teknik Anda.

Terkait: 15 Pekerjaan Terbaik di Bidang Teknik untuk Masa Depan

Alat insinyur mekanik manual

Di bawah ini adalah daftar alat genggam yang digunakan insinyur mesin dalam pekerjaan:

1. pencetak 3D

Printer 3D adalah mesin yang membuat objek tiga dimensi yang terbuat dari plastik atau logam berdasarkan model digital. Seorang insinyur mesin mungkin menggunakan printer 3D untuk membuat prototipe atau model mesin atau bagian untuk diuji.

Misalnya, seorang insinyur mesin mungkin merancang roda gigi baru untuk menggantikan bagian yang aus pada mesin robot. Insinyur dapat menguji seberapa baik roda gigi bekerja dan memodifikasi desain berdasarkan temuan mereka.

2. Obeng

Insinyur mekanik biasanya membongkar mesin dan memasangnya kembali, menjadikan obeng dengan berbagai ukuran dan jenis sebagai alat penting dalam pekerjaan.

3. Pengukur kekuatan digital

Juga disebut pengukur gaya tarik dorong, perangkat ini dapat mengukur jumlah tegangan atau tekanan dalam elemen mesin. Seorang insinyur mesin dapat menggunakan pengukur gaya digital dalam pembuatan dan pengujian mesin.

Misalnya, seorang insinyur mesin yang membuat suku cadang mobil elektronik mungkin menggunakan pengukur gaya digital untuk mengukur tegangan kabel di bagian tersebut untuk memastikan kabel memiliki tegangan yang sesuai.

4. Ohmmeter

Ohmmeter adalah alat untuk mengukur hambatan listrik. Seorang insinyur mesin mungkin menggunakan ohmmeter untuk membangun atau menguji mesin.

Misalnya, jika seorang insinyur sedang mengerjakan mesin listrik yang tidak berfungsi, mereka mungkin menguji kemampuan listrik mesin dengan ohmmeter untuk membantu memecahkan masalah.

5. Pengukur aliran

Flow meter adalah instrumen yang mengukur laju aliran udara atau cairan. Seorang insinyur mesin mungkin menggunakan pengukur aliran untuk mengevaluasi konsumsi bahan bakar mobil atau laju aliran air di pipa kota.

6. Kalkulator grafik

Kalkulator grafik dapat membantu insinyur mesin melakukan perhitungan rumit dan memeriksa nomor mereka saat merancang mesin baru. Beberapa insinyur lebih suka menggunakan perangkat lunak seperti Microsoft Excel untuk melakukan perhitungan, tetapi kalkulator grafik memiliki keuntungan karena lebih portabel daripada komputer yang menjalankan Excel.

7. Isolator getaran

Isolator getaran dapat mendeteksi dan mengukur getaran pada mesin sehingga teknisi dapat mengatasinya. Getaran adalah masalah umum untuk pembuatan mesin karena dapat merusak peralatan atau membuatnya tidak berfungsi dengan baik. Insinyur mekanik dapat menggunakan isolator getaran untuk membantu mencegah dan memecahkan masalah dengan mesin.

Misalnya, jika mesin mesin bergetar berlebihan, seorang insinyur mesin dapat menggunakan isolator getaran untuk menemukan penyebab getaran dan memperbaikinya untuk membantu mesin bekerja lebih efisien.

8. Kaliper

Jangka sorong adalah alat yang mirip dengan kompas menggambar yang digunakan untuk mengukur dimensi suatu benda. Seorang insinyur mesin mungkin menggunakan jangka sorong untuk mengukur mesin dan suku cadang.

Misalnya, jika ada bagian mesin yang rusak, insinyur mesin dapat menggunakan jangka sorong untuk mengukur dimensinya dan membuat suku cadang pengganti dengan dimensi yang tepat dari suku cadang lama.

8. Pers pembentuk dingin

Cold forming press adalah mesin vertikal yang dapat membuat bagian dari logam, plastik, atau bahan lain yang mungkin digunakan oleh insinyur mesin di mesin lain. Misalnya, seorang insinyur dapat membuat baut, pengencang, dan katup menggunakan mesin pres dingin.

9. Sistem proses semikonduktor

Sistem proses semikonduktor adalah alat yang digunakan untuk membuat perangkat elektronik seperti layar panel datar dan wafer sirkuit. Seorang insinyur mesin mungkin menggunakan ini untuk membuat chip data untuk suku cadang mobil elektronik, misalnya. Mereka juga dapat menggunakan alat ini untuk menguji peralatan elektronik.

10. Cermin

Cermin kecil seperti yang mungkin digunakan dokter gigi dapat membantu insinyur mesin melihat mesin dari sudut yang berbeda dan memeriksa mesin. Cermin juga dapat membantu insinyur mesin selama perbaikan.

Misalnya, jika seorang insinyur sedang memeriksa kabel di mesin robot, mereka mungkin menggunakan cermin untuk membantu mereka memeriksa mesin lebih dekat.

Terkait: 10 Pekerjaan dalam Desain Teknik yang Membayar dengan Baik

Alat perangkat lunak insinyur mekanik

Insinyur mekanik juga menggunakan perangkat lunak komputer untuk merancang dan mengembangkan mesin. Berikut adalah beberapa alat perangkat lunak yang mungkin digunakan oleh insinyur mesin:

1. Perangkat lunak konstruksi

Perangkat lunak konstruksi adalah program komputer yang memungkinkan pengguna membuat rencana untuk suatu objek. Seorang insinyur mesin dapat menggunakan perangkat lunak konstruksi untuk berkolaborasi dengan insinyur lain saat mereka membangun mesin yang kompleks.

2. perangkat lunak CAD

Computer-aided design adalah program yang membantu pengguna mendesain objek yang kompleks, seperti mesin mobil. Insinyur mekanik sering menggunakan perangkat lunak CAD untuk merancang mesin dan suku cadang baru secara efisien.

Berikut adalah beberapa contoh perangkat lunak CAD:

  • SolidWorks: Program populer ini membantu insinyur mesin di berbagai industri merancang objek dua dan tiga dimensi.

  • CATIA: Perangkat lunak ini lebih terjangkau daripada SolidWorks dan menawarkan beberapa kemampuan yang sama.

  • Fusion 360: Fusion 360 memungkinkan insinyur mesin untuk berkolaborasi dengan orang lain dalam desain alat berat.

3. perangkat lunak CAM

Manufaktur berbantuan komputer adalah perangkat lunak yang dapat digunakan oleh insinyur mesin untuk membuat objek yang Anda desain menggunakan perangkat lunak CAD. Berikut adalah beberapa contoh perangkat lunak CAM:

  • SolidCAM: Perangkat lunak manufaktur ini dihubungkan ke SolidWorks, yang dapat membantu merampingkan alur kerja pembuatan produk para insinyur.

  • CATIA: Perangkat lunak ini juga menawarkan kemampuan manufaktur kepada pengguna.



4. Perangkat lunak pencetakan 3D

Insinyur mekanik dapat menggunakan perangkat lunak pencetakan 3D untuk merancang objek yang ingin mereka buat menggunakan printer 3D. Fusion 360, Solid Edge, Tinkercad, dan OnShape adalah contoh perangkat lunak pencetakan 3D yang mungkin digunakan para insinyur di tempat kerja.

5. Perangkat lunak FEA

Perangkat lunak analisis elemen hingga dapat membantu para insinyur memprediksi bagaimana suatu produk akan bereaksi terhadap kekuatan seperti panas, aliran udara, aliran fluida, getaran, dan dingin. Insinyur dapat menggunakan perangkat lunak ini untuk menganalisis kekuatan desain mereka. Berikut adalah beberapa jenis perangkat lunak FEA:

  • ANSYS: Perusahaan ini menawarkan beberapa program berbeda yang dapat membantu insinyur mesin dalam menguji dan menganalisis desain mereka.

  • Autodesk Inventor: Perusahaan induk Fusion 360 juga menawarkan kemampuan FEA dalam rangkaian perangkat lunaknya.

6. Microsoft Excel

Insinyur mekanik dapat menggunakan perangkat lunak spreadsheet populer ini untuk melakukan perhitungan dan merekam data pada mesin dan suku cadang. Berikut adalah beberapa cara insinyur mesin dapat menggunakan Excel:

  • Konversi unit: Insinyur sering bekerja dengan beberapa unit pengukuran. Spreadsheet dapat membantu mereka dengan cepat mengonversi antar unit.

  • Pembuatan bagan: Insinyur dapat menggunakan bagan untuk memvisualisasikan data yang mereka kumpulkan dan penghitungan yang mereka lakukan di Excel.

  • Referensi tabel: Excel memungkinkan insinyur mesin untuk mereferensikan satu tabel di tabel lain, memungkinkan analisis data yang lebih rumit untuk disajikan dan bersumber dengan mudah.

  • Fungsi yang disesuaikan: Insinyur mekanik sering menggunakan fungsi dan perhitungan yang sama berulang kali dalam pekerjaan. Excel dapat membantu mengotomatiskan perhitungan berulang ini.

7. Visual Basic for Applications (VBA)

Visual basic adalah bahasa pengkodean yang dapat digunakan insinyur mesin untuk mengotomatisasi banyak tugas digital mereka. Visual basic dapat dipasangkan dengan Excel untuk mengotomatisasi perhitungan dan fungsi lainnya. Insinyur juga dapat memasangkan VBA dengan perangkat lunak CAD untuk mengotomatiskan fungsi berulang. VBA dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas insinyur mesin.

Post a Comment for "17 Alat Mekanik Untuk Insinyur Mesin"